Siswa SMK Wajib Siap Hadapi MEA

SINGARAJA – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah dimulai. Segenap angkatan kerja di Indonesia pun harus siap menghadapi era persaingan ketat ini, tidak terkecuali siswa SMK.

Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana pun mengajak siswa SMK di wilayah itu siap menghadapi persaingan pada MEA. “Kami harapkan para siswa SMK tidak gentar karena kemampuan kita tidak kalah dengan kemampuan tenaga kerja asing,” kata Agus Suradnyana di Singaraja, Bali, seperti dilansir Antara, Kamis (25/2/2016).

Agus menjelaskan, Kota Singaraja sebagai kota pendidikan di Pulau Dewata memiliki banyak sekolah berkualitas baik SMA, SMK ataupun perguruan tinggi. Nantinya, kata Agus, melalui praktik siswa SMK diharapkan tidak hanya menguasai materi tapi mumpuni di bidang yang dilakoninya.

“Tantangan dunia kerja saat ini sangat berat terutama dalam MEA. Kita harus meningkatkan sumber daya untuk meningkatkan daya saing,” ungkapnya.

Bukan itu saja, mantan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali itu menambahkan, para siswa harus memiliki semangat besar memacu diri menjadi lebih terampil dan handal. Selain itu, pihaknya mengajak para siswa-siswi untuk tidak mengkhawatirkan MEA semata karena jika terus takut dan khawatir untuk berbuat, maka tidak dapat berkembang.

Di sisi lain, Agus juga mengingatkan para pelajar untuk terus mengasah kemampuan dan terutamanya kemampuan penguasaan bahasa asing sebagai salah satu kompetensi yang harus dimiliki jika ingin bersaing pada MEA.

“Jangan sampai kita kalah saing karena bagaimanapun pergaulan global memerlukan komunikasi melalui bahasa, minimal siswa SMK menguasai Bahasa Inggris. Itu harapan saya,” demikian Agus.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s