Kisi-Kisi Uji Kompetensi Siswa SMK Tahun Diklat 2015/2016

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Siswa SMK Tahun Diklat 2015/2016-Sampai saat posting ini sebenarnya kisi kisi untuk UKK SMK tahun diklat 2015 2016 belum diterbitkan yang punya regulasi. Berbeda dengan kisi kisi UN yang sudah bisa kita unduh di situs kementrian pendidikan dan kebudayaan. Dan dalam posting ini kang abiey cuma mau menampilkan kisi kisi UKK tahun diklat 2014/2015 lalu. Mudah-mudahan kisi kisi tahun sekarang tidak jauh berbeda dengan kisi kisi sebelumnya tersebut. Dan kalau kisi kisi terbaru sudah terbit segera kang abiey update kembali dan menyertakan link unduhan kisi kisi UKK SMK 2016 ini.

Sekilas tentang apa itu Uji Kompetensi Keahlian SMK
Mengutip referensi tentang UKK dari situs smknbandung.com bahwa UKK adalah: “Uji Kompetensi keahlian pada siswa SMK merupakan bagian dari Ujian Nasional.hasil uji kompetensi menjadi indikator atas ketercapaian standar kompetensi lulusan sebagaimana tertuang dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2009. Sedangkan hasil uji kompetensi bagi para stakeholder adalah merupakan bahan yang akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK). Uji kompetensi keahlian pada siswa SMK terdiri atas ujian Teori Kejuruan dan ujian Praktik Kejuruan.” Hmmm begitu ya pengertian UKK itu?

Seperti yang kita tahu bahwa kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum),oleh karena itu uji kompetensi keahlian harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment). Dan Pelaksanaan uji kompetensi berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Nah sebenarnya inti dari UN SMK itu menurut kang abiey sih di UKK ini, karena hasil akhir dari belajar sesuai kejuruan masing-masing itu akan dibuktikan disini.

Catatan : Sampai saat ini Kisi-kisi untuk ujian UKK SMK masih belum di terbitkan oleh pemerintah, jadi bersabarlah, dan tetap belajar untuk bekal menghadapi ujian yang sebenarnya.

Salam Admin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s